Menu

3 WASIAT PENAWAR RASA GALAU

ffe144b59c409587b4c9211fb31afdfe_l

 

 

Sahabat mulia Abu Darda rodhiallahu’anhu berkata kepada salah seorang laki-laki yang datang kepadanya untuk meminta nasihat :

اذكر الله في السراء يذكرك في الضراء ; وإذا ذكرت الموتى ، فاجعل نفسك كأحدهم ، وإذا أشرفت نفسك على شيء من الدنيا ، فانظر إلى ما يصير

1) Ingatlah Allah dikala suka, (niscaya) Dia akan mengingat-mu disaat duka.
2) Apabila engkau mengingat kematian, maka jadikanlah dirimu salah satu dari mereka.
3) Jika dirimu dimuliakan oleh sesuatu dari dunia, maka lihatlah kemana ia akan berakhir.

[Tarikh Dimasyq 166/47]

Ahibbati..sungguh betapa indahnya wasiat yang diberikan oleh sahabat Abu Darda rodhiallahu’anhu ini. Nasihat yang dapat membuat segala bentuk kegalauan sirna seketika. Allah Tabaaroka wa Ta’la berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS ar-Ra’du:28).

Kemudian dengan mengingat kematian, maka tidak ada waktu luang untuk berlarut-larut dalam kegalauan. orang yang slalu mengingat kematian akan segera bangkit dari keterpurukan untuk kembali beramal sebagai bekal perjalanan menuju tempat tinggal yang hakiki.

Adapun jika kegalauan itu muncul dari kemilau dunia yang dikejar, maka segeralah sadar bahwa dunia dan seisinya tidak lebih hina dari sayap seekor nyamuk. kenikmatan sementara bak fatamorgana yang fana.

اَلْحَمْدُلِلّهِ جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْرَا

342 Views