Menu

5 SUKSES RAMADHAN

7acce66d40ec90c2d61987b409cbf850_l

 

 

 

Setiap Ramadhan tiba banyak ulama yang menegaskan kembali ijtihad yang dikenal dengan Lima Sukses Ramadhan.

Istilah ini sebenarnya tidak ada dalam Al Qur’an dan Al Hadist, namun ijtihad ini merupakan program ibadah yang perlu dikeluarkan untuk menyadarkan kaum muslim terhadap amalan-amalan yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam bulan Ramadhan tidak hanya puasa namun banyak sekali amalan sunnah yang sangat besar pahalanya, Satu-satunya orang islam hendaknya tidak terlena dan menyia-yiakan peluang ibadah di bulan suci ini.

Program ibadah Lima Sukses Ramadhan meliputi :

  1. Sukses puasa ramadhan,
  2. Sukses Sholat Tarawih,
  3. Sukses Tadarus Al-Quran,
  4. Sukses Lailatul Qodar,
  5. Sukses Zakat, Infaq dan Shodaqoh.

Sukses Berpuasa Ramadhan 

Puasa Ramadhan adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan bagi setiap muslim. Meninggalkan puasa Ramadahan tanpa ada udhur yang diijinkan akan mendapatkan sanksi yang berat dari Allah di akhirat kelak.Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 disebutkan,”Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar engkau menjadi orang yang bertaqwa”. Dalam hadist Bukhori Kitab keutamaan Malam Qodar dijelaskan, Dari Abi Hurairoh RA dari Nabi SAW, Nabi bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan kerena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya. Dan barang siapa berdiri (beribadah) pada malam qodar karena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.”

Sukses Sholat Terawih. 

Hadist riwayat Bukhori dalam Sholat Tarawih dijelaskan, “Dari Abi Huriroh RA dan Nabi SAW, Nabi bersabda, “Barang siapa berdiri (sholat sunnah) pada bulan Ramadhan karena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.

Sukses Tadarus Al Quran

Dalam bulan Ramadhan ini warga dianjurkan dapat menghatamkan bacaan Quran 30 juz, sedikitnya satu kali, bagi warga yang belum lancar bacaanya agar berusaha meningkatkan kemampuan baca Al Qurannya.

Sukses Iktikaf dan Malam Lailatur Qodar

Pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, para jamaah dianjurkan bisa beribadah semalam suntuk ( itikaf) di dalam Masjid. Malam Qodar jatuh diantara 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Beribadah dalam malam Qodar pahalanya melebihi beribadah selama 1000 (seribu) bulan.

Sukses Zakat, infak, dan sodakoh

Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 43 dijelaskan, “Tegakkanlah shalat dan bayarlah Zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk,” Sementara dalam hadist Bukhari Kitabu Zakat, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sho’ dari korma atau satu sho’ dari sha’ir bagi budak, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak kecil dan orang tua dari orang islam. Dan Nabi memerintahkan agar zakat tersebut diserahkan sebelum manusia kaluar melaksanakan shalat Ied.Selamat datang yaa romadhon. Marhaban Yaa Romadhon.
Siapkan Diri Kita yaaa……

348 Views