Menu

BAIK & BURUK

47b9371a5ec847a6416d19e09506ac86_l

 

 

Pernah terpikir apa definisi baik dan buruk bagi manusia ?. Persepsi atau paradigma yang banyak dianut orang umumnya seperti ini : Baik adalah  sesuatu yang sesuai dengan keinginan kita dan buruk adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Jadi seperti sakit, kehilangan yg kita senangi dan musibah lainnya dikategorikan sebagai keburukan. Sementara mendapatkan harta, jabatan, dan kesenangan lain dianggap sebagai kebaikan.

Padahal dalam pandangan Allah, keburukan adalah segala hal yang mendekatkan kita atau membawa kita menuju neraka. Sementara kebaikan adalah segala hal yang mendekatkan kita atau membawa kita menuju surga dan ridho-Nya.

Persepsi atau paradigma atau keyakinan yang salah dalam mengartikan baik dan buruk dalam kehidupan, akan mempengaruhi kebahagiaan hidup di dunia dan keselamatan kita di akhirat.

Boleh jadi apa yang kita anggap baik dan kita senangi di dunia ini, justru malah “melalaikan” kita pd Allah dan mendekatkan kita pada neraka…,

Dan apa yang kita anggap musibah/cobaan yang menimpa kita, justru sebenarnya menjadi “peringatan” dan cara Allah menyelamatkan kita untuk kembali ke jalan yang benar menuju ke surga-Nya.

Jadi, jangan terlalu gembira ketika mendapatkan apa yang kita inginkan, dan jangan pula bersedih jika harus menerima apa yg tdk kita inginkan (ditimpa musibah dll).

Renungkanlah dan bertafakurlah lalu bertanyalah pada diri sendiri, apa maksud Allah di balik semua yang kita terima dan kejadian yang menimpa kita ..?

“… Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”  QS. Al-Baqarah : 216.

Masihkah kita mengeluh atau sudah bisakah kita tetap bersyukur dengan “musibah” yang menimpa kita…?.
Dan sanggupkah kita tetap instrospeksi dan berhati-hati (selain tentunya bersyukur) ketika medapatkan sesuatu yang kita inginkan…?.

329 Views