Menu

KHADIJAH TELADAN TERINDAH

 

khadijah

 

Dari masa ke masa begitu banyak wanita hebat di dunia ini yang membuat kita terpesona, namun tak ada seorangpun yang bisa menandingi  Khadijah. Jika Allah menciptakan wanita tanpa cacat sedikitpun, maka Khadijah secara keseluruhannya mendekati sempurna.

Khadijah bahkan berada di urutan pertama, wanita-wanita yang dijamin Surganya oleh Allah. “Sebaik-baik perempuan muslimah surga adalah Khadijah, Fatimah, Maryam, Asiyah” (HR. Baihaqi). 

Sungguh kita sebagai muslimah  patut iri  kepada Ummul Mukminin ini . Karena Rasul pun membolehkan kita iri kepada dua hal saja :  Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Tidak ada hasad (iri) yang dibenarkan kecuali terhadap dua orang, yaitu terhadap orang yang Allah berikan kitab ini (Alquran) kemudian ia melaksanakannya di waktu malam dan di waktu siang dan terhadap orang yang Allah berikan harta dan ia menyedekahkannya di waktu malam dan di waktu siang. (Shahih Muslim No.815-267)

Berikut adalah keistimewaan dan keteladanan terindah seorang Khadijah :

  • Wanita yang terlahir dari keluarga kaya, tetapi tidak sombong, berakhlak mulia, sederhana dan  rendah hati .
  • Cerdas, tangguh, mandiri pekerja keras  yang sukses menjalankan bisnisnya, dan menjadi wanita terkaya di  jamannya, sehingga mendapat gelar “Ratu Quraish” dan “Ratu Makkah” ..sebuah gelar yang tidak terbayangkan tersemat pada seorang wanita bangsa Arab  yang pada masa itu  wanita masih dikatagorikan sebagai makhluk yang rendah dan hina.
  • Seorang Bos yang arif bijaksana, ketika memilih karyawan bukan keahlian dan pengalaman yang menjadi syarat, namun  akhlak yang baik
  • Seorang wanita yang menjaga kesuciannya, sehingga para lelaki Arab yang terkenal angkuh pun menjulukinya sebagai “At Thahirah “
  • Biasanya semakin kaya seseorang, semakin silau pada harta, tapi tidak demikian dengan Khadijah, dia menolak banyak cinta  lelaki Arab kaya dan para bangsawan yang melamarnya
  • Seorang wanita yang dengan kesederhanaannya, lebih memilih laki-laki muda sederhana  beraklhlak mulia yang usianya terpaut 15 tahun lebih muda darinya.
  • Seorang wanita yang jujur dan berani berterus terang tentang perasaannya terhadap seorang laki-laki yang diyakininya akan menjadi jodoh yang barokah baginya
  • Khadijah orang pertama yang memantapkan diri memeluk Islam ketika tak ada seorangpun yang percaya pada dakwah pertama Nabi  SAW,
  • Khadijah wanita pertama yang membantu perjuangan  Nabi dengan segenap cinta, jiwa, raga dan hartanya
  • Khadijah adalah  pendamping yang sangat setia, oase penyejuk gundah Nabi SAW  , penyangga jiwa  ketika  mulai melemah, memberi Nabi  kekuatan dan dukungan saat dakwahnya mengalami jalan buntu.
  • Khadijah adalah isteri dimuliakan suami karena ketaatannya,kepatuhannya dan ketakdzimannya  pada suami
  • Khadijah wanita yang sangat dicintai  Nabi ,  walau jarak usia terpaut 15 tahun, namun tak sedikitpun mengurangi rasa sayangnya.  Hingga beliau enggan berbagi hati dengan yang lain sebelum Khadijah wafat.
  • Khadijah adalah cinta sejati Nabi yang tak akan pernah terganti…..berikut  petikan curahan hati  Nabi ketika beliau galau mendengar ucapan Aisyah :“Aisyiah perlu kau tahu, Allah tidak akan mendatangkan pengganti sebaik atau lebih baik dari Khadijah! Tidak akan lagi ada perempuan seperti dia!”, kata Nabi Muhammad saw sambil menghadapkan wajahnya pada Aisyiah. “..Ia telah terjaga akan kenabianku ketika orang lain terlelap berselimut jahiliyah, ia juga selalu membenarkan ucapanku saat yang lain menganggapnya sebagai bualan, Ia bahkan tak segan memberikan seluruh hartanya padaku dengan ikhlas saat orang lain menyembunyikan tangan, dan darinya Allah memberiku keturunan ketika dari istriku yang lain tidak. Kau perlu tahu semua itu, Aisyah.!”

Bila kita , wanita tidak mampu menjadi seperti Khadijah, bukan karena suami kita bukan Muhammad SAW,  tetapi karena Allah telah memberikan semua kemuliaan itu kepada Khadijah. Paling tidak, kita sebagai muslimah punya “Prototype”  bagaimana seharusnya menjadi muslimah, bagaimana seharusnya menjadi seorang isteri sholihah.

667 Views

2 Comments

  1. Nelly November 12, 2016
  2. Mitchele November 25, 2016