Menu

KISAH ABDURROHMAN BIN AUF

7a6fe08027b80ee08bda1ed60d73e334_m

 

 

Seorang pedagang yang sukses dan selalu dinaungi keberuntungan. Ahli sodaqoh. Termasuk 10 orang yang telah dikabarkan sebagai ahli surga.
Telah mensodaqohkan 700 kendaraan dengan muatannya, 500 ekor kuda, 1.500 kendaraan. Menjual tanah senilai 40.000 dinar kemudian uangnya disodaqohkan. Wasiat 50.000 dinar. Setiap orang yang ikut perang badar dan masih hidup mendapat 400 dinar. ( 1 dinar = 8 gram emas ).
Sabda nabi: “Wahai Ibnu Auf, anda termasuk golongan orang kaya dan anda akan masuk surga secara perlahan. Pinjamkanlah kekayaan itu kepada Allah pasti mempermudah langkah anda”

Suatu saat hendak buka puasa di hadapan hidangan yang lengkap, selera makannya hilang. Ia menangis: “Mus’ab bin Umeir gugur sebagai syuhada. Ia jauh lebih baik daripadaku. Hanya ditutup sehelai burdah yang terlalu sempit untuk menutup jasadnya. Hamsah juga demikian. Ia jauh lebih baik daripadaku. Saat gugur sebagai syuhada hanya ditutup selendang. Dunia telah dihamparkan seluas-luasnya kepadaku. Kami khawatir kalau telah didahulukan pahala kebaikan pada kami………..”

Sangat sederhana dan sangat dekat dengan para pelayannya sehingga susah membedakan mana majikan mana pelayan saat mereka sedang duduk bersama. Di badannya terdapat 20 bekas luka di perang Uhud, kakinya pincang, giginya rontok, bicaranya cadel. Semua terjadi saat perang uhud.

Saat menjelang ajal, Aisyah mengusulkan jika wafat nanti dimakamkan berdampingan dengan Rosul, Abu Bakar, dan Umar. Namun, dia menolak karena merasa malu dan tidak pantas pada posisi tersebut. Juga karena telah ikrar dengan sahabat Usman bin Mad’un bahwa mereka ingin agar makamnya berdampingan.
Semoga Bermanfaat 😀
اَلْحَمْدُلِلّهِ جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

423 Views

One Response

  1. Scout November 12, 2016