Menu

MAU TARAWEH ?

c82e68ecc91a6115905b52a4dab0ec5b_l

 

 

Bingung pilih jumlah rakaat yang mana? 11 ataukah 23 rakaat.? Apapun pilihannya yg pasti thuma’ninah syarat sahnya. Makna tuma’ninah adalah ketenangan dan jeda dalam gerakan shalat demi kesempurnaannya.
Tuma’ninah merupakan rukun sholat, dimana tidak sah shalat seseorang apabila dia meninggalkannya. Disebutkan dalam sebuah hadits, Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, bahwa seorang lelaki pernah masuk masjid dan shalat, sedangkan Nabi berada di pojok mesjid tersebut.(seusai shalat) Ia mendatangi beliau seraya mengucapkan salam, setelah menjawab salamnya, Beliau bersabda: “shalatlah kamu sesungguhnya kamu tadi belum shalat.”
Orang itu balik lagi dan kembali shalat. Lalu menemui beliau lagi dan memberi salam. Setelah menjawab salamnya, beliau bersabda lagi: “shalatlah kamu sesungguhnya kamu tadi belum shalat.” Pada kali yang ketiga lelaki itu berujar : “tolong ajarkan aku.”
Beliau pun bersabda: “apabila kamu hendak shalat, maka :
berwudhulah dengan sempurna kemudian
menghadaplah kearah kiblat dan bertakbirlah, lalu
bacalah ayat Al-Qur’an yang mudah bagimu, kemudian
ruku’ lah hingga kamu tuma’ninah dalam ruku’ lalu
tegaklah berdiri, hingga kamu berdiri lurus. Kemudian
bersujudlah hingga kamu tuma’ninah dalam sujud, lalu
bangkitlah dari sujud hingga kamu tuma’ninah dalam duduk. Kemudian
bersujud lagi hingga kamu tuma’ninah dalam sujud. Lalu
bangkitlah dari sujud, hingga kamu berdiri tegak
Lakukan hal seperti itu dalam semua shalatmu.” (HR. Ahmad Bukhari & Muslim), Ingat! Mencuri itu buruk, tapi lebih buruk lagi kalau mencurinya dalam shalat. Loh. Kok bisa..? Iya, Rasulullah bersabda:
“seburuk-buruk pencuri yaitu orang yang mencuri dalam shalatnya. Mendengar pernyataan ini orang banyak bertanya, “Ya Rasulullah… bagaimana orang mencuri dalam shalatnya itu? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab “yaitu orang yang tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya” (HR.Ahmad & Tirmidzi).

264 Views